Ketua Komisi III DPRD Pasuruan Penuhi Panggilan Polisi Sebagai Saksi Terkait Dana Desa

  • Whatsapp
banner 468x60

SITUS, JATIM – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan dari Partai PPP, KH. Saifullah Damanhuri penuhi panggilan Polisi Unit III Tipikor Polres Pasuruan, Jumat (4/12/2020).

Surat Panggilan No: B /1181/XI/RES.3.3/2020/Satreskrim, tanggal 28 November 2020 yang ditujukan kepada KH. Saifullah Damanhuri tersebut untuk menjadi saksi atas Dugaan Penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh Mantan Kepala Desa Kedemungan, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan atas nama Zaenudin yang pernah menjabat Kepala Desa periode tahun 2013 sampai 2019.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Informasi yang diterima mantan Kepala Desa, Zaenudin yang sudah menjabat 2 periode, diduga melakukan tindak pidana korupsi atas pembangunan BUMDES Desa Kedemungan, Kec. Kejayan, Kab. Pasuruan di tanah bekas tanah waduk yang dikuasai oleh KH. Saifullah Damanhuri berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 593.35-555 Tentang Pengesahan Keputusan Gubenur Kepala Daerah Jawa Timur Tentang Pelepasan Hak Atas Tanah-Tanah Bekas Stren/Bekas Waduk Penguasaan Pemerintah Propensi Jawa Timur Yang Dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Propensi Jawa Timur, tertanggal 31 Mei 1999, Tanah tersebut saat ini sedang diurus proses sertifikatnya untuk kepemilikannya.

“Zaenudin (Mantan Kades) ketika mau mendirikan bangunan BUMDES di tempat tanah bekas waduk tersebut, pernah meminta ijin kepada saya, namun saya tidak bisa mengijinkan, menyuruh atau melarang, karena sertifikat atas tanah bekas waduk belum selesai,” kata Saifullah Damanhuri.

Saifullah Damanhuri juga mengatakan, bahwa Zaenudin pernah mendatangi dirinya, meminta bantuan untuk menandatangani, seolah- olah tanah bekas waduk dibeli oleh pihak desa. saya tidak mau,” ucapnya.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan, AKP Adrian Wimbarda, membenarkan pemanggilan KH Saifullah Damanhuri, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Psuruan, atas dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan mantan Kades Kademungan, saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyidikan,” kata Adrian.

(Situs.news, Jatim)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *